Berita Terbaru :

Rumput Laut Jadi Bahan Baku Biofuel

Blog Portal Indonesia - Pencarian terhadap sumber energi terbarukan terus dilakukan oleh berbagai Negara.Pemerintah brasil  bekerja sama dengan SAT ,sebuah perusahaan asal Austria ,berencana membangun seuah pabrik Industri Biofuel pertama di dunia menggunakan bahan baku rumput laut pada 2013 mendatang.
Menurut juru bicara proyek,pembangunan pabrik itu akan dilakukan di Pernambuco,yang terletak di timur laut Brasil.Pabrik itu akan didirikan dekat perkebunan tebu yang menghasilkan etanol.Targetnya ,pabrik itu menghasilkan 1,2 Juta liter biofuel berbasis  ganggang per tahunnya.
Pabrik senilai Rp 92 Miliar itu akan memanfaatkan karbon dioksida (CO2),yang merupakan limbah dari pembuatan etanol,untuk mempercepat proses fotosintetis pada rumput laut.Pemanfaatan CO2 ini akan mampu meroduksi emisi gas buang yang dilepaskan ke lingkungan sekitar.


Potensial

Di Indonesia ,mikroalga dikembangkan menjadi bahan bakubiofuel yang berupa bioetanol.Tidak Hanya produksi berupa biodiesel yang selama ini banyak dikerjakan MikroAlga amat potensial karena mengandung karbohidrat yang merupakan kandungan penting untuk menghasilkan Bioetanol.Kandungan karbohidrat pada mikroalga yang berkisar 5 persen hingga 67,9 persen ,dapat dikonversi menjadi glukosa dan difermentasi menjadi alkohol (etanol).Diperkirakan dapat menghasilkan bioetanol sekitar 38 persen.Lutfi ,salah satu penulis dalam riset pemanfaatan mikroalga sebagai bahan baku bioetanol menambahkan karbohidrat pada mikroalga berbeda beda ,tergantung spesies dan kondisi lingkungan hidup.
Berdasarkan Journal  of chemichal Technology and Biotechnology edisi 2009 ,spesies mikroalga ,yang berpotensi digunakan sebagai bahan baku Bioetanol adalah Prymnesium Parvim.chlorocarcum SP.Tetraselmis Suecia, Anthrospira SP,Chlorella SP.
Mikroalga adalah alga banyak ditemukan di air tawar.Penggunaan mikroalga sebagai bahan baku biofuel pun mempunyai beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan tanaman pangan.Antara lain pertumbuhan yang cepat,produktivitas tinggi,memungkinkan penggunaan air tawar dan air laut.Dan biaya produksi yang tidak terlalu tinggi.
Rumput Laut Jadi Bahan Baku Biofuel Rating: 5.0 Reviewer: Author ItemReviewed: Rumput Laut Jadi Bahan Baku Biofuel

1 comments:

Anonim mengatakan...

Sampai dimana peran pemerintah dalam pembuatan biofuel dari rumput laut?

Posting Komentar

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

Masukkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

 

© Copyright Blog Toger Indonesia 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.