Berita Terbaru :

Dragon Fuit / Buah Naga

!5 Tahun  lalu buah ini ditanam di Thailand, setelah disia siakan oleh Vietnam  dan Hawai.Melalui Forum Internasional Agritech ’99, Dragon Fruit kuning, merah, dan yang bercula badak mulai mendunia.Popularitasnya melesat lantaran ia dipromosikan antara lain sebagai penyeimbang kadar gula darah, pencegah kanker usus, dan mengurangi kolesterol.

Hylocereus undatus adalah nama ilmiah tanaman dari keluarga kaktus kaktusan ini. Masyarakat berbagai Negara menyebutnya dengan nama berlainan. Di cina ia dikenal sebagai Feuy Long Kwa.Orang Israel menamainya Pitahaya ;Hawai , melano.Lantaran bentuknya ada yang mirip cula badak,julukan di Australia ialah Rhino Fruit;Thailand,Kaew Mangkorn.Pasar Internasional,seperti Singapura,Malaysia, Hongkong, Jepang, Dan Eropa mengenalnya sebagai Dragon Fruit.
Pendatang baru ini potensial menjadi saingan berat buah lain lantaran promosinya memang luar biasa. Mirip yang dilakukan Australia untuk menduniakan kiwi.Bentuk buah, Cara mengkonsumsi, kandungan nutrisi ditampilkan secara informative dan ditampilkan menarik.Ini masih ditambah dengan icip-icip gratis bagi mereka yang berminat.

Menyehatkan

Sebagai buah meja,cara mengkonsumsinya cukup beragam. Ia bisa dimakan biasa, diolah menjadi pai, atau campuran es krim. Rasanya menyegarkan dan lebih manis daripada semangka.Kadar kemanisanya 13 briks-18 briks mengungguli semangka yang Cuma 10 briks-15 briks.
Brosur yang yang tersebar di Agritech menyebutkan, buah ini dapat menyeimbangkan kadar gula darah, mencegah kanker usus dan menyembuhkan panas dalam dan sariawan, mengurangi keluhan keputihan, serta menjaga kesehatan mulut.Keyakinan itu diperoleh lantaran dragon fruit sangat kaya vitamin dan mineral, meskipun jumlah energinya hanya 48%.Berkat kandungan vitamin dan mineral itu, buah kaktus ini kerapkali dijuluki wonderfully nutrious.
Dragon Fruit ini umumnya dimakan setelah didiamkan di lemari es agar dingin.Saat akan disantap,buah dingin itu dibelah dua.Daging buah yang lembut mirip salju disendoki.Teksturnya sangat lembut, manis, menyegarkan dan langsung menghilangkan dahaga. Ciri khas tersebut memunculkan sebutan chill and enjoy, wonderfully refreshing,atau wildly adventurous.

Dibisniskan

Konon, menurut sejarah cina kuno, buah ini membawa berkah.Kepercayaan itu dilambangkan dengan cara meletakkan sosok dragon Fruit di tengah tengah dua ekor naga hijau. Lepas dari kepercayaan tersebut, bagi kalangan para pekebun, dragon fruit memang dianggap komoditas menguntungkan para pekebun di Thailand selalu kehabisan barang saat panen tiba. Di Vietnam kini ada kebun dragon fruit seluas 100 ha.Sedangkan Isarel melaju dengan menanam buah ini dibawah naungan greenhouse.
Menurut Suthisak Bunyakumaro, “Panen selama 5-6 bulan.Rata Rata pemetikkan 13 kali/Tahun atau kalau mujur bisa 15-18 kali.”ungkap pemilik 3 ha kebun Dragon Fruit di Thailand ini.produktifitas tanamannya di 3.500 lubang tanah  Populasi 14.000 tanaman yang tumbuh sekitar 1,56-Juta Baht dan seluruhnya  kembali  pada tahun ke-2 lantaran harga perkilo 60 Baht (local) dan 100 Baht (ekspor).Sementara usia produktifitas mencapai 15 Tahun.
Thailand kini menjadi salah satu produsen dragon fruit untuk pasar dunia.Standard mutu yang mereka tetapkan ialah bentuk seragam, berbobot rata rata 500 g, padat, dan segar. Jumbainnya harus besar, seragam, tersebar merata, dan berjarak konsisten. Kulit tebal dan tidak berbintik merupakan pertanda buah kelebihan air atau terlalu kering.
Buah dikemas dalam kardus berukuran 16,5 inci x 13 inci dengan bobot total 5 kg.Isi biasanya 10-12 buah tersusun dua dan diletakkan dalam posisi tegak. Setiap buah dibungkus plastic pelindung khusus dan diberi alas kaki kertas khusus.Posisi harus tegak untuk menghindari tumpang tindih yang merusak jumbai.Plastik dijaga tetap kering, tidak berembun supaya buah tetap segar. Pada suhu 7 derajat celcius – 8 derajat celcius, buah tahan sampai 2 minggu.(Ir Nancy Martasuta)
Dragon Fuit / Buah Naga Rating: 5.0 Reviewer: Author ItemReviewed: Dragon Fuit / Buah Naga

0 comments:

Posting Komentar

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

Masukkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

 

© Copyright Blog Toger Indonesia 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.